[SHARE] CARA MENGETAHUI KEASLIAN LOWONGAN KERJA

CARA MENGETAHUI KEASLIAN LOWONGAN KERJA

Mendapatkan pekerjaan ditempat yang bonafit serta dengan posisi yang sesuai keahlian, merupakan impian kebanyakan orang. Siapapun itu, pastilah tergiur untuk segera merespon tawaran pekerjaan yang diberikan. Apalagi jika tawaran tersebut dicantumkan nama kita.

Rasa senang memenuhi dada, angan-angan segera melambung tinggi. Sungguh senang rasanya jika lowongan tersebut benar-benar kita yang mengisinya. Setelah sesaat dalam kesenangan, kita berpikir sejenak.. "Perasaan saya blm pernah mengirim lamaran ke perusahaan ini deh??, Kok ada panggilan Interview??".

LOKER ASLI APA PALSU??


Karir di dunia migas ataupun di perusahaan besar, memang suatu hal yang diidam-idamkan banyak orang. Siapa sih yang menolak jika berkarir di perusahaan macam Total, Chevron ataupun Pertamina??
Hal ini jugalah yang saat ini menjadi senjata baru para penipu, untuk menjebak para calon karyawan maupun para profesional untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah atau minimal copy sertifikat yang dimiliki.

terus kalau begitu bagaiamana? apakah kita harus melewatkan kesempatan ini? Bagaimana kalau ini adalah panggilan kerja beneran dan nyata? Bagaimana jika ini benar-benar rezeki??

Nah untuk membedakannya antara Lowongan Asli dan Lowongan Palsu, Pas banget deh.. Teman-teman baca dolandolan.net. Karena kali ini kita akan membahas Cara Mengetahui Keaslian Lowongan Kerja.

PERBEDAAN LOKER ASLI VS PALSU


Dunia internet yang semakin terbuka, membuat data siapa saja bisa dipalsukan. Untuk berhati-hati agar jangan sampai tertipu, berikut adalah langkah-langkah mengetahui keaslian loker yang dikirimkan ke kita :

1. Cek Alamat Email Pengirim Loker

Jangan Lupa Cek Keaslian Email

Para penipu dunia maya, kebanyakan mencoba menipu kita dengan mengirim email palsu. Email tersebut biasanya dikirim dari alamat email gratisan seperti via gmail, yahoo, ymail, rocketmail, hotmail, email gratisan lainnya. Biasanya yang melakukan hal ini adalah penipu-penipu tidak bermodal dan berotak cetek. Untuk itu, rekan-rekan haruslah memastikan bahwa loker tersebut tidak berasal dari akun email gratisan.

Berbeda dengan email loker tipuan, Loker yang asli biasanya dikirim dari alamat email berdomain utama, seperti @ikpt.com (Jika Loker dari IKPT), @Pertamina.com (Jika email dari Pertamina), Intinya biasanya email loker asli dikirim dari alamat email berdomain khusus seperti akhiran .com , .co.id , .co.uk dsb.

Walau begitu, terkadang memang ada saja loker yang benar-benar asli namun dikirimkan oleh alamat email gratisan, biasanya dikarenakan domain tempat website perusahaan penerima kerja memiliki kapasitas email yang terbatas, sehingga si Pemberi Info menggunakan email gratisan seperti gmail yang memiliki kapasitas melimpah hingga ratusan giga. Maka dari itu, selain memeriksa alamat email, rekan-rekan juga harus membaca tips selanjutnya neh.. Ada di Bawah :)

2. Lakukan Verifikasi Langsung

 


Verifikasi adalah pengecekan silang terhadap sumber email tersebut dikirim. Caranya adalah dengan menelepon customer service perusahaan yang kita tuju, kemudian minta disambungkan ke Bagian HRD. Cara ini cukup ampuh, karena kita memverifikasi langsung lowongan kita ke orang yang tepat dalam hal ini si bagian HRD. Sehingga kepastian ada atau tidaknya lowongan untuk kita, bisa benar-benar dipastikan. Dan perlu diingat, telepon yang kita panggil haruslan nomor utama perusahaan atau nomor yang tertera sebagai nomor resmi, jangan nomor yang diberikan di email. Cara gampangnya adalah dengan googling atau buka Yellow pages.
Selain dengan menelepon, cara memverifikasi juga bisa dengan mengirimkan email ke admin website utama. Atau bisa juga dengan mengontak langsung karyawan mereka (Cari aja via linkedin). Dengan cara satu kedua ini. Yakin deh.. Pasti ketahuan Loker yang diberikan ke Kita Asli atau Palsu.

3. Cek Domain Pengirim Email

Langkah kesatu, yakni cek alamat email sudah dilakukan, ditambah melakukan verifikasi langsung. Namun masih terasa ganjil nih..
Nah jika masih terasa ada yang mengganjal di hati rekan-rekan,, hal ini pertanda rekan-rekan orang yang hati-hati dan jeli. dan itu Mantep bin Bagus.
Cara ketiga ini dilakukan dengan memasukan alamat domain pengirim loker ke www.whois.net sehingga bisa ketauan asli tidaknya loker tersebut. Seperti contoh dibawah ini :
Tampilan dari Whois.net

 Coba lihat yang ditandai panah biru, pada tanda tersebut sudah terlihat server yang digunakan oleh ikpt.com adalah server asli. Dan juga tanggal pembuatannya yang sudah lama yakni tahun 2000. Sehingga dapat dipastikan website ikpt.com adalah website IKPT yang asli.

Sekian Cara Mengetahui Keaslian Lowongan Kerja dari dolandolan.net. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jangan menyerah untuk mendapatkan karir yang kita inginkan! Tetap Berdoa dan Berusaha :)

Salam Engineer :)
[SHARE] CARA MENGETAHUI KEASLIAN LOWONGAN KERJA [SHARE] CARA MENGETAHUI KEASLIAN LOWONGAN KERJA Reviewed by Anggi Nurbana on 21.17 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.