Suasana Laboratorium di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor



Suasana Laboratorium di SMAKBo

 

Sebagai salah satu sekolah analis kimia terbaik, tentunya tidak cukup jika kita membahas tentang SMAKBo namun tidak membahas tentang yang namanya Laboratorium. Ya di SMAKBo kita memiliki cukup banyak laboratorium. Berikut adalah beberapa laboratorium Kece yang bisa kamu temukan di SMAKBo :

1. Laboratorium Gravimetri (Lab DKL)

Laboratorium Gravimetri, mengajarkan beberapa hal yang akan menjadi dasar-dasar penting ketika menjadi seorang Analis. Kejujuran dan ketelitian adalah hal yang ditanamkan dengan sangat dalam di Lab yang kini bernama Lab DKL (Dasar Kerja Lab). Pelajaran di Lab ini sungguh banyak, dari mulai mengenalkan beragam nama peralatan Lab, mengajarkan fungsi dan kegunaannya, ciri-ciri reaksi kimia dan hal-hal prinsippil lainnya menjadi hal-hal yang diajarkan lewat praktikum di Lab DKL ini. Dan yang paling memorable dari Praktikum di Laboratorium ini adalah ketika menimbang dengan timbangan analitik manual. Goyangannya itu... 2 kiri dua kanan dan harus mencapai titik nol wushh.. sungguh pengalaman yang unik. Apalagi kala itu diawasi oleh Pak Ino (Guru Senior Di SMAKBo), menambah merinding suasana praktikum.
Tapi dibalik semua cerita tadi, Lab ini tepat sekali ditempatkan pada kelas 1 SMAKBo. Karena Lab DKL ini menanamkan betapa prinsip-prinsip utama menjadi seorang analis, yakni Kejujuran dan Ketelitian. Dan kedua prinsip tersebut nantinya akan terbawa keseharian para siswa hingga saat ini bekerja di dunia Industri.

2. Laboratorium Meniup Kaca
Inilah satu-satunya laboratorium yang tidak dimiliki sekolah analis kimia lainnya dan hanya ada satu-satunya di Indonesia ya di SMAKBo ini. Lab MK atau meniup kaca. Di Lab ini para siswa diajarkan untuk membuat beragam peralatan sederhana dari Kaca. Melalui Api biru yang membara, para siswa diajarkan untuk menarik, meniup, menekan, dan melipat kaca dalam suhu panas, sehingga mendapatkan bentuk yang diinginkan.
Pipet, pengaduk, tabung reaksi adalah beberapa contoh peralatan yang dapat kamu buat disini. Yang pasti, laboratorium ini benar-benar menantang untuk ditaklukan :)

3. Laboratorium K3
Keselamatan, dan Kesehatan Kerja (kalo ga salah) itulah kepanjangan dari K3.  Masih di Kelas 1 SMAKBo, kamu akan belajar tentang pentingnya menjaga keselamatan dalam bekerja. Di Laboratorium ini kamu akan belajar cara memakai alat pelindung diri, prinsip netralisasi, membuat MSDS (Material Safety Data Sheet) dan masih banyak lagi. Pokoknya banyak deh yang dipelajari disini, intinya kita akan dapat mengenali tanda bahaya di Laboratorium plus diajari dasar-dasar penanganannya.

4. Laboratorium Mikrobiologi
Sudah pernah lihat yang namanya kuman atau bakteri di dunia nyata? Pingin tau bentuk aslinya? Penasaran?
Nah kalau iya, kamu wajib banget deh belajar di SMAKBo. Karena di SMAKBo ini kamu bakalan nemuin Lab yang bisa membuat kamu melihat mahluk superimutmungilliliput yang namanya bakteri di Lab Mikrobiologi.
Di Lab Mikrobiologi kamu akan belajar banyak hal mulai dari mewarnai bakteri, menggunakan mikroskop, mensterilkan peralatan, hingga ternak bakteri (hehehe emang ayam doang yang bisa diternak). Pokoknya belajar disini amat menyennangkan deh.

5. Laboratorium Elektrokimia
Elektrokimia beuhh sangar banget namanya, tapi tenang para guru pembimbingnya yang imut dan kece mampu menentramkan kamu di Lab EK ini (Singkatan dari Elektrokimia). Laboratroium elektrokimia mengajarkan teknik-teknik dasar dalam pengenalan sensor. Seperti menggunakan dan memahami beragam elektroda yang dipakai dalam analisis. Uji COD, BOD dan Viskosistas adalah 3 dari banyak pengujian yang bisa kamu pelajari di Lab EK.

6. Laboratorium Tirtimetri
Titrasi atau penitaran, tentunya teman-teman asing banget dengan nama ini. Tapi tenang saja, karena dalam tempo singkat saja, teman-teman akan belajar caranya menentukan kadar suatu zat atau senyawa dengan proses penambahan cairan dalam konsentrasi dan jumlah tertentu. Ribet ya??
Begini deh, kalau teman-teman tau Profesi Bartender bayangkan saja teman-teman akan menjadi seperti bartender. Hanya saja bartender yang diaduk saat ini adalah larutan dalam erlenmeyer bukan minuman keras hehe.
pokoknya Lab yang terletak di Lantai dua belakang ring basket lapangan SMAKBo. , akan memberikan kamu menjadi sangat peka dan teliti dalam mengamati perubahan reaksi lewat penambahan zat kimia. Dan pastinya kamu pasti senang deh praktikum di Lab Titrimetri ini.

7. Laboratorium Proksimat
Mamamia.. Suara menggelegar akan keluar dari salah satu pembimbing disini ketika salah satu siswanya melakukan hal yang ngaco (Dolan cukup sering di Mamamia lho hehe). Analisa makanan dan minuman, Yup itulah analisa yang akan teman-teman pelajari disini.
Kalau kamu sering nonton acara investigasi, yang isinya menguak makanan dan minuman berbahaya. Maka itulah yang akan teman-teman pelajari di SMAKBo lewat praktikum di Lab Proksimat aka PKT. Teman teman akan belajar caranya menemukan pengawet makanan, pewarna, serta pemanis buatan dari makanan. Dan inilah Laboratrium paling seru, karena kita akan menggunakan seluruh skill yang telah dipelajari di kelas 1 dan dua di Lab Proksimat ini.

8. Laboratorium Instrument
Nah ini dia Laboratorium paling Mahal di SMAKBo, Lab Instrument. Di Lab ini teman-teman akan belajar tentang prinsip serta cara-cara menggunakan beragam peralatan berketelitian tinggi.  GC (Gas Chromatography) dan AAS adalah dua alat yang akan menemani kamu kalau praktikum disini.

9. Laboratorium Pendukung Lainnya
Selain laboratorium tadi masih banyak laboratorium pendukung lainnya. Seperti Lab Bahasa, Lab Komunikasi, serta Lab Komputer. Dijamin semuanya diatur dan dipersiapkan dengan baik sekali, sehingga mampu menunjang kegiatan belajar di SMAKBo.

====================================
Nah Sobat dolan, tadi adalah Postingan tentang Suasana Lab SMAKBo. Kalau Sobat mau tau banyak tentang SMAKBo, klik deh beberapa postingan dolan dibawah ini. Dijamin Maknyus :

Suasana Laboratorium di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor Suasana Laboratorium di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor Reviewed by Anggi Nurbana on 10.15 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.