Mana Lebih baik : Blogger atau Wordpress ?

Dilema Memilih Wordpress atau Blogger


Pilih Wordpress atau Blogger?

Memiliki website sendiri tentunya menjadi keinginan banyak orang. Namun ternyata membangun website dari mulai nol hingga mendapatkan pengunjung ribuan dalam sehari tidaklah mudah. Kita mau tidak mau harus dapat memenuhi beragam syarat sehingga website kita layak untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

Selalu update, pembagian link di social media, offline promotion, penanaman backlink, dan macam-macam nantinya akan kita pelajari secara langsung, maupun tidak langsung.

Nah salah satunya dilema yang akan dialami oleh para pemula dalam bidang pembuatan website atau blogging adalah pemilihan antara wordpress dan Blogger. Masing-masing platform tentunya memiliki fans tersendiri yang mereka mengakui kelebihan serta mampu menutupi kekurangan dari Wordpress ataupun blogger.

Nah disini dolan juga ternyata, eh ternyata sedang mengalamai dilema plus galau untuk memilih mana yang harus terus dipakai, apakah Wordpress atau blogger?

Berawal dari sebuah lembaga pelatihan internet terkemuka bernama SB1M, dolan yang awalanya sudah terbiasa blogging dengan menggunakan platform blogger diajak untuk menggunakan wordpress dengan self-hosted system.

Diimingimingi dengan beragam kemudahan yang ada di Wordpress, akhirnya dolan mencoba untuk mengambil suatu paket hosting dan beli domain disalah satu penyedia hosting.

Percobaanpun dimulai, dari mulai kotak-katik theme, coba tambah posting, mainin Link untuk SEO dan lain sebagainya. Sampai Akhirnya dolan memberikan beberapa point plus minus berikut bagi masing-masing platform. Berikut perbandingannya :

1. Pemakaian Kuota Internet
Bagi seorang blogger, apalagi yang berposisi di Indonesia macam dolan ini. Kuota internet bagaikan nyawa bagi keberlangusngan aktivitas blogging dolan. Ibaratnya kalau tanpa kuota, aktivitas ngeblog otomatis akan terhenti. Nah maka dari itu, dolan menggunakan perbandingan pemakaian kuota internet pada postingan ini.

Wordpress vs Blogger. Dari segi pemakaian kuota, dolan lebih memilih menggunakan BLOGGER!.
Sebab dolan sudah coba ngecek pake kedua jenis platform tadi, dan melihatnya melalui status di modem dolan. Dan hasilnya Blogger adalah juaranya.
Dan hasil ini tentunya bukan cuma karangan dolan aja, tapi karena blogger memang tidak sedikit-sedikit loading seperti kalau kita menggunakan wordpress. Jadi untuk tingkat kehematan pemakaian kuota internet, BLOGGER Juaranya.

2. Kemudahaan Pemakaian
Ini juga menjadi syarat, apakah aktivitas blogging akan menjadi menyenangkan atau malah akan menjadi aktivitas ngeselin. Ya, untuk tingkat kemudahan pemakaian terbaik ada di BLOGGER lagi!
Sebab, blogger memberikan kemudahan bagi dolan dalam menggunakan segala sesuatu pada dashboardnya.
Diawali dengan dashboard yang berbahasa Indo. Ditambah lagi dengan cara editing dan posting yang amat mudah. Menjadikan Blogger platform favorit dolan untuk aktivitas blogging :). Sampe-sampe dolan rela deh kalau disuruh bayar tahunan untuk boleh pake nih Platform (tentunya diluar biaya domain hehehe).

3. Ketersediaan Addon
Add-on adalah semacam bumbu dan tools yang akan memudahkan pengguna dalam mencapai hasil yang diinginkan. Dalam hal aktivitas blogging, Wordpress menjadi Juaranya untuk Faktor ketersediaan Add-on. Hal ini karena amat berjibunnya Add-on diluar sana untuk Platform yang satu ini.
Dari mulai SEO pack, Auto Share dan penanaman link  di Setiap halaman web, menjadi add-on2 yang tidak dapat dijumpai di Platform Blogger. Sehingga untuk urusan Add-on Wordpress menjadi juaranya. (Tapi sebenernya bisa diakali kalau kita pake Firefox terus pake Add-on dan Plugin Juga hehehe)

4.Biaya-Biaya

Kalau bicara soal biaya, yang menjadi juara dalam hal ini tentu saja adalah Blogger. Kenapa? Karena blogger memiliki jasa hostingan langsung dari google, sehingga para blogger hanya disarankan membeli domain. Lain halnya dengan Wordpress, yang kita akan diwajibkan untuk membayar biaya hosting perbulan atau pertahun.

5. Faktor Keamanan
Keamanan juga merupakan hal yang penting dalam aktivitas blogging. Dalam faktor ini, maka yang menjadi juaranya adalah Wordpress. Kenapa? Sebab Wordpress memiliki banyak Add-on untuk mendukung keamanan dari website kita. Dari mulai Akismet (yang paling ngetop), sampai banyak Add-on Gurem yang menawarkan bantuan dalam mengamankan Website atau blog secara mudah (Tinggal cari aja deh di Add-on).
maka dari itu untuk faktor keamanan, yang terbaik adalah dengan Wordpress.

6. SEO
Bagi para blogger profesional, ilmu SEO merupakan ilmu yang wajib dipelajari demi mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi. Dalam hal SEO ini, setelah dibandingkan antara kedua Platform Wordpress dan Blogger. Maka yang menjadi juaranya adalah Wordpress. Kenapa?
Lagi-lagi karena banyaknya Add-on dari Wordpress yang membantu aktivitas SEO website kita. Sehingga, jika ingin fokus pada memenangkan persaingan SEO, maka disarankan menggunakan Wordpress.

Nah sekian deh sobat dolan, postingan dolan kali ini tentang Dilema dolan dalam Memilihi Wordpress atau Blogger. Dengan membandingkan ke-6 faktor diatas, akhirnya dolan tetap memilih BLOGGER sebagai platform favorit dolan. Karena sebab utama, yakni MUDAH.. Ya Blogger sangat mudah sekali untuk digunakan, serta dioptimasi. Lain dengan Wordpress.. Yang sampe sekarang dolan ribet banget kalau pake tuh Platform Hehehe..

nah Kalau itu kan dolan.. Kalau Sobat dolan gimana??
Kunjungi Juga Artikel Lainnya dari Dolandolan.net
- Serangga Legenda dari Indonesia
- Cara Makan Mie Instan yang Aman
- Cara Gampang Bisnis Lewat Internet 
- Uniknya Filosofi Umur dari Wong Jowo

Mana Lebih baik : Blogger atau Wordpress ? Mana Lebih baik : Blogger atau Wordpress ? Reviewed by Umi Basil on 06.36 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.