Peran Bakteri di Dunia Industri

Ga Selamanya Bakteri itu merugikan, Ini dia Peran bakteri di Dunia Industri



Tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya bakteri. ya. Mahluk super mungil ini ada disekitar kita, baik dari air, udara hingga yang melekat pada tubuh kita. Keberadaan mereka sebagai penyokong kehidupan paling terkecil adalah cukup penting bagi kehidupan kita.

Biasanya, banyak orang takut berurusan dengan yang namanya bakteri. Itu dikarenakan persepsi kebanyakan orang bahwa bakteri merupakan mahluk kecil yang berbahaya karena dapat menyebarkan penyakit. Persepsi tersebut tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar. Karena, beberapa bakteri justru ditumbuh kembangkan dan dibiakan demi keuntungan manusia, khususnya di dunia industri.

Mau tau apa aja peran bakteri di Dunia Industri, nih Dolan rangkum buat sobat dolandola.net sekalian :

1. Bakteri di Industri Makanan
Yoghurt adalah makanan yang dibuat dari susu dibantu oleh bakteri


Bakteri dalam industri makanan banyak berperan penting. Khususnya dalam pembuatan makanan yang membutuhkan proses fermentasi seperti yoghurt dan tape. Beberapa bakteri dalam bidang ini yang terkenal adalah Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus casei.

2. Bakteri Di Dunia Farmasi
Vitamin B12 adalah vitamin yang pembentukannya dibantu bakteri

Dunia farmasi dan pengobatan pun tidak luput dari peran serta bakteri. Beberapa bakteri bahkan sudah dikenal manfaatnya karena membantu proses pembuatan beberapa macam obat dan antibiotik untuk manusia. Diantaranya seperti Bacillus polymyxa berperan dalam pembuatan antibiotik polimiksin dan juga Streptomyces venezuelae berperan dalam pembuatan antibiotik kloromisin.

3. Bakteri dalam Dunia Perkebunan
Dunia Perkebunan juga tidak luput dari jasa bakteri

Dunia perkebunanpun amat membutuhkan keberadaan bakteri, karena selain dapat membantu proses pembusukan zat-zat organik sehingga dapat menjadi zat hara bagi tanaman. Bakteri juga berperan penting dalam menyerap dan mengambil unsur hara dari udara. Sebut saja bakteri Enterobacter yang mampu menangkap zat Nitrogen dari udara. Kemudian dikonversi menjadi zat hara nitrogen bagi tanaman yang pastinya akan menguntungkan bagi tanaman tersebut.

4. Bakteri dalam Dunia Pengolahan Limbah
Bakteri digunakan di Kolam Aerob


Dalam dunia pengolahan limbah, bakteri juga sangat berperan penting. Bahkan sebagian besar instalasi pengolahan limbah (IPAL) menggunakan bakteri untuk proses pengolahannya. Seperti pada proses aerasi (Aerob) Maupun Anaerob. Umumnya yang digunakan dalam proses pengolahan limbah ini adalah bakteri jenis bacillus dan stretococus yang mampu untuk mencerna zat-zat organik maupun minyak dari air limbah. Bahkan beberapa perusahaan seperti PT. Cheminusa, membuat dan memformulasikan bakteri secara khusus untuk membantu mengolah air limbah.

5. Bakteri dalam Bidang Lainnya
Dalam pembuatannya cuka juga dibantu oleh bakteri Acetobacter aceti


Dalam bidang lainnya, bakteri juga tidak bisa dipisahkan peran sertanya. Baik dalam dunia peternakan kita akan mengenal bakteri Streptomycesalivaceus Propionibacterium freudenreichi yang berfungsi untuk memperkaya zat gizi pada makanan ternak.
Selain itu ada bakteri yang berfungsi untuk menghasilkan alkohol golongan butanol seperti bakteri : Clostridium asetobutylicum  yang secara khusus mampu membuat butanol dari pati dan karbohidrat.

Nah sudah taukan manfaat mahluk super mungil yang bernama bakteri ini. Makanya jangan remehkan ciptaan ALLAH ya.. KArena segala sesuatunya pasti memiliki manfaat dari balik penciptaannya :)

Jangan Lupa Kunjungi Artikel dolandolan.net lainnya :
- Main yuk Ke Taman dadap Merah, Gratis Lho
- Heboh!!! Salju Mulai Turun di Jazirah Arab
- Asli Peduli, Komunitas Bakul Tegal Bagikan Makanan bagi para tukang Becak

Peran Bakteri di Dunia Industri Peran Bakteri di Dunia Industri Reviewed by Anggi Nurbana on 00.08 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.