Faktor Yang Menyebabkan Ambruknya Atap Baja Ringan

Faktor Yang Menyebabkan Ambruknya Atap Baja Ringan | By Mr Yudhi ABC 0856 9723 1204

Baja Ringan Ambruk
Hati-Hati Atap baja Ringan Bisa Roboh

Hallo Kawan-kawan dolandolan.net sekalian.
Yuk.. Kali ini dolina akan membahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan ambruknya pertahanan pasukan diponegoro, eh bukan ding.. tapi faktor yang menyebabkan ambruknya baja ringan. hihihi.,.

Bagi teman-teman yang sudah baja tulisan sebelumnya tentang Perbandingan antara baja ringan dan Kayu. Maka sekarang dolina akan membahas tentang apa saja sih yang bisa bikin nih atap jagoan ambruk dan jatuh?

Kenapa sih Ngebahas ini?
Sebenernya dolina juga males banget deh kalau mesti ngebahas yang satu ini. Soalnya dolina juga ga terlalu ngerti tentang baja ringan. Namun sehubungan dengan gudang Om Dolina yang di Kalideres ambruk, gara-gara salah pasang atap baja ringan. Jadinya dolina kesel banget deh, dan pengen nulis banyak.. Banyak sekali tentang baja ringan ini. Soalnya kasian banget si Om. Udah Invest mahal-mahal buat pasang atap yang katanya awet dan kuat ini.. Eh.. Malah Jadi Rubuh dan ambruk. Sabar ya Om.

Sumbernya dari Salah Satu Supplier Baja Ringan di Bogor | Yudhi ABC 0856-9723-1204
Sebenarnya sumber tulisan ini merupakan wawancara dengan salah satu pengusaha multi bisnis di Bogor yakni kang Yudhi ABC. Beliau mau berbagi sama dolinan nih tentang apa saja yang bisa bikin nih si baja ringan jadi rubuh pas dipasang. Tapi dengan syarat nomornya dipajang di Postingan ini.. Aduhh Si Bapak mah.. Ga Ikhlas banget sih..

Ini dia Faktor Penyebabnya

Nah ini dia (Lho kok kayak di Pos Kota?), faktor-faktornya :
1. Perhitungan yang Salah
Dalam menghitung baja ringan ada 4 hal yang harus benar-benar diperhatikan. Yang pertama adalah Panjang bangunan, lalu lebar bangunan, derajat kemiringan. Nah.. Sudah berapa? Baru tiga kan? Ya memang,. Para pemasang Baja Ringan ini, biasanya hanya menghitung tiga ini saja! Padahal aslinya.. baja ringan harus memperhitungkan 1 hal lagi. Yakni.. rencana adanya pemasangan beban tambahan.

Nah.. dari sanalah para aplikator yang belum berpengalaman jadi pada salah. Dan Akhirnya, membuat atap tersebut rubuh dan ambruk. Makanya ketika mau pasang nih atap, kita harus segera konsultasi tetang rencana pemasangan barang apa diatas.

2. Mengejar Untung.
Ini dia trik para kontraktor atau aplikator nakal. Karena mengejar untung besar, akhirnya para aplikator ini melakukan trik curang demi melariskan baja ringan milik mereka. Triknya bagaimana?
Triknya adalah dengan menjatuhkan harga baja ringan mereka semurah mungkin. Padahal nantinya yang dipasang tidak sesuai dengan spek baja ringan yang diperhitungkan.
Biasanya trik semacam ini dilakukan oleh para aplikator ke orang awam yang hanya tahunya harga saja. Maklum lah orang Indonesia ini, maunya murah awet dan kuat. Alhasil, bukannya untung malah jadi rubuh. Karena baja ringan yang dipakai tidak sesuai spek dan yang penting hanya terlihat terpasang saja.

3. Pondasi Bangunan yang Kurang Kuat
Ini juga salah satu alasan kenapa atap yang punya banyak kelebihan dan jadi primadona para kontraktor ini ikutan rubuh. Hal ini disebabkan karena pondasi bangunan yang dibuat tidak kuat. Mungkin kedalamannya, atau jenis tanah atau mungkin kontur tanahnya yang tidak sesuai, akhirnya lama-kelamaan akan menyebabkan si bangunan menjadi kurang kokoh. Dan akhirnya ambruk deh..
Untuk yang satu ini, diharapkan sang pemilik bangunan melakukan cek pada kontraktor yang bangun rumah. (Biasanya ini terjadi pada perumahan Murah).

4. Pemasangan yang terburu-buru
Nah.. Ini juga nih.. Yang menyebabkan kenapa atap baja ringan jad rubuh.
Berawal dari harga yang terlampau murah. Menyebabkan si aplikator menjadi berusaha bekerja secepat mungkin demi menghemat tenaga kerja. Dari sana akhirnya tenaga kerja di buru-buru dan banyak bagian yang terlupa. Dan yang lebih kacau lagi kalau gara-gara hal ini perhitungan panjang baja ringan yang dipasang menjadi berkurang (Celaka).
Mengingat, baja ringan ini tidak bisa disambung. Dan kalau salah sedikit, maka salah semua. Maka kita akhirnya tinggal menunggu saja. Dari yang tadinya waktu kekuatan si baja ringan sekitar 15 tahun. Eh akhirnya hanya 5 tahun saja.. Dan bahkan sebelum waktunya bisa ambruk.

5. Merek Baja Ringan Abal-abal alias murahan
Ini dia.. Yang jadi hobi orang kita. Mau hape bisa nelepon, sms, internetan, musik bahkan bisa ada kulkasnya tapi harganya cuma 200 rebu.. Akhirnya pake hape cina. Dan kasusnya sama,, Mengejar murah dan meriah..
Akhirnya para pemakai diberikan Merek Baja Ringan yang abal-abal..
Memang sih lebih murah sekitar 15 ribu dari yang merek ternama. Namun, yang jadi taruhan adalah bangunan milik pengguna, karena baja ringan abal2 hanya mampu bertahan sekitar 5 tahun saja (Itu juga kurang). Ditambah lagi baja yang digunakan tidak mengalami proses pendinginan sempurna, karena bajanya adalah baja afkir.
Duhh.. Jangan deh.. pakai yang begini. (Nanti Kayak Si Om Darta tuh) Pengen murah.. Jadinya Rugi Bandar deh.. (Sabar ya Om.. Pelajaran Nih).

Yuk.. Kawan. Lihat postingan dolandolan.net lainnya
- Invest Forex di Bogor Disini Tempatnya
- Mau Pasang Baja Ringan, Ini Daftar Rekomendasinya


Faktor Yang Menyebabkan Ambruknya Atap Baja Ringan Faktor Yang Menyebabkan Ambruknya Atap Baja Ringan Reviewed by Lydia Veronica on 08.52 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.