Langkah Langkah : Cara Menabung Di Bank

Ini Dia Langkah Demi Langkah Cara Menabung Di Bank

Mungkin cara menabung yang paling mudah ya di KUtang aja kali ya
Punya Rekening di Bank bisa jadi bahan agunan

Sobat dolan pasti ingat dengan pepatah lama yang diajarkan kepada kita. Pepatah tersebut berbunyi Hemat Pangkal Kaya.

Dalam pepatah tersebut secara tersirat kita bisa melihat bahwa kita dianjurkan untuk berhemat dan menabung sehingga bisa menjadi kaya. Bahkan, sangking nge-trennya pepatah ini hingga pada tahun 90-an kita bisa mendengar ada duo Zaskia dan Geovanny yang menyanyikan Ayo Nabung.

Apa sih untungnya menabung di Bank??
Sebenarnya ini mungkin tidak ada hubungannya dengan cara menabung di Bank. Namun dolan sengaja tuliskan hal ini supaya sobat dolan punya pandangan yang benar bahwa menabung di Bank itu ada untungnya (Walau lebih untung menabung di CAR hehe).

1. Bisa jadi bahan pengajuan Kredit
Mungkin sobat sekalian belum tahu ya.. Kalau orang yang punya saldo diatas 10 juta rupiah dan dan stabil atau cenderung meningkat, biasanya akan mendapatkan tawaran untuk mengajukan pinjaman di Bank. Cara ini biasa ditempuh oleh para pengusaha kecil untuk mendapatkan pinjaman di Bank dengan Agunan Tabungan mereka.
Caranya adalah dengan cara menggoreng rekening tabungan mereka (Dalam arti kiasan, nanti dolan buat artikel tentang ini).

2. Buat Jadi bahan pengajuan Rumah KPR
keuntungan kedua dari menabung di Bank, apalagi bank BTN. Nantinya tabungan tersebut dapat mempermudah sobat dolan untuk mengajukan KPR di Bank. Sebab, bank akan melihat track record sobat sekalian dalam menabung sebelum memberikan izin mengambil KPR dimereka.

Ga Percaya kalau menabung di bank bisa jadi cara mendapatkan KPR?? Coba deh tanyakan ke sales perumahan yang di Subsidi pemerintah (Dolan udah pernah tanya soalnya).

Baca Juga : Informasi Tabungan Haji

Bagaimana Sih Cara Menabung di Bank

Sesudah mengetahui setidaknya ada dua keuntungan tambahan yang bisa didapatkan oleh sobat ketika menabung di Bank. Maka berikut ini dolan akan bahas deh cara menabung di Bank, dalam langkah demi langkah.

Sebenarnya cukup banyak cara orang menabung, dan menabung di Bank adalah satu dari sekian banyak pilihan menabung. Dan berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana caranya menabung di Bank.

1. Persiapkanlah Niat Menabung Anda
Ya, sebelum benar-benar pergi ke bank dan menabung disana. Tahapan pertama yang harus sobat lakukan adalah mempersiapkan niat.
Niat yang dolan maksud adalah niat untuk benar-benar menabung. Niatkan hati Anda untuk benar-benar mengumpulkan uang hingga dalam jumlah tertentu. Jangan berniat sekedar menaruh uang belaka. Karena pastinya nanti Anda akan seperti orang mencret yang bulak balik pergi ke ATM untuk mengecek isi saldo ATM Anda.

2. Siapkanlah 3 Persyaratan Utama Menabung di Bank
Nah.. dolan yakin sobat sekalian sudah menyiapkan niat yang kuat untuk menabung di Bank kan?? Kalau iya maka sobat tinggal menyiapkan beberapa hal sebagai berikut :

a. KTP sobat
Pastikan sobat sudah memiliki KTP, dan KTP tersebut harus masih berlaku.
Kalau dulu sobat masih bisa mendaftarkan pakai SIM, maka sekarang yang dipegang oleh bank adalah KTP kita harus masih berlaku dan valid.

KTP yang bisa dipakai untuk persyaratan menabung di Bank adalah KTP dengan domisili sesuai dengan domisili Bank tempat sobat akan membuka tabungan. Misalkan, Sobat mau buka tabungan di Bank Mandiri cabang depok. Maka sobat harus memiliki KTP Depok.

Jika tidak memiliki KTP yang sama dengan domisili bank, maka sobat memerlukan keterangan domisili dari RT/RW setempat. Dan dolan jamin nanti jadi ribet banget deh... karena jadi bulak balik malah menghabiskan waktu. Ujung-ujungnya niat menabung di Bank jadi keburu hilang hehe (Makanya lebih mudah menabung di CAR, udah nabung Untung lagi hehee)




b. Surat Keterangan Kerja atau Domisili
Untuk mempermudah pengecekan dan pembuatan rekening. Dolan sangat menyarankan kepada sobat sekalian untuk dapat menyediakan surat keterangan kerja dari tempat sobat bekerja. Cara mendapatkanya biasanya adalah dengan meminta bagian personalia atau HRD untuk membuatkan surat keterangan kerja dengan perihal pembuatan Rekening di Bank.

Atau jika sobat kesulitan membuat surat keterangan kerja, sobat juga bisa deh meminta domisili dari RT/RW setempat. Namun pada prakteknya dolan rasa lebih mudah untuk mendapatkan surat keterangan kerja deh.

c. KK (Optionall)
Sebenarnya KK atau Kartu keluarga ini optional. Karena hanya diperlukan bagi calon nasabah penabung yang berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

d. Nomor Telepon Rumah/Kantor (Telkom)
Nah.. Syarat ini biasanya yang agak susah didapatkan. Yakni syarat nomor telepon rumah atau kantor.
Kenapa sih Bank memerlukan ini? Secara, saat ini banyak sekali penipuan dengan menggunakan rekening bank (Inget kasus barang batam bohongan??).
Dan dengan cara meminta verifikasi nomor telepon, bank mendapatkan data tambahan untuk melacak asal seseorang jika dia adalah penipu.

Artikel Menarik Lainnya : Video Serangan Pray For Paris

3. Persiapkanlah Uang Pembukaan Rekening
Nah.. sobat minimal dapat menyiapkan uang pembukaan rekening terlebih dahulu. Sebab, kita ini akan mendapatkan beragam fasilitas seperti ATM, dan buku tabungan jadi minimal dapat menyiapkan 500 ribu rupiah (Untuk BCA) atau sekitar 250 ribu rupiah untuk Bank BRI dan lainnya.

kalau sobat ga punya uang sebanyak itu, minimal sobat punya uang 100 ribu deh.. Sisanya minjem aja sama teman sobat. tenang aja.. uang pembukaan rekening ini bisa segera diambil dan nanti sobat kembalikan ke teman sobat ko :)

4. Pilihlah Bank Tempat Anda Menabung
Langkah ketiga dalam cara menabung di Bank adalah tentunya sobat harus memilih Bank mana yang akan sobat ambil sebagai tempat sobat menyimpan uang. Sebagai saran, sobat sebaiknya memilih Bank yang memberikan fasilitas menarik seperti Asuransi Jiwa dan Bagi hasil tinggi.. Ehh.. Itu cuma ada di CAR deng hehe

Oiya.. untuk masalah Bank, sobat dolan bisa memilih antara Bank BCA, Mandiri, BNI atau BRI. Sebab keempat Bank tersebut mudah ditemui dimana-mana. Baik dari Kantornya ataupun ATMnya. Sehingga sobat tidak perlu kerepotan mencari-cari dimana tempat menabung nantinya.

5. Langkah terakhir, Datanglah Ke Bank
Yup.. Itulah rangkaian terakhir dari langkah-langkah cara menabung di Bank. Datanglah kesana, jangan lupa untuk mandi dan berdandan terlebih dahulu. Karena CS (Customer Service) bank itu biasanya cantik dan ganteng lho.. Siapa tau bisa jadi gebetan sobat hehehe..

 Nah begitulah langkah-langkah cara menabung di Bank.

Bagi sobat yang menginginkan menabung sebagai investasi dan uangnya bisa terus bertambah dengan bagi hasil 14% pertahun ditambah dengan mendapatkan asuransi Jiwa, bisa deh kontak dolan buat minta penjelasannya :). Tenang aja.. dolan siap bersahabat kok.. (BTw kalau sobat mau belajar blogging atau SEO juga bisa hehe).

Sampai Jumpa di artikel menabung berikutnya :)

Mister Dolan Ganteng
Langkah Langkah : Cara Menabung Di Bank Langkah Langkah : Cara Menabung Di Bank Reviewed by Anggi Nurbana on 10.38 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.