Cara Penyusuan GBPP By Bang Dolan

Teknik Penyusunan GBPP : Hasil Belajar di TOT KemenPU

Ibu Sri Oneng adalah Instruktur GBPP
Bu Oneng Sedang Mengajar Cara Menyusun GBPP di TOT 2016

Hi sobat sekalian, jumpa lagi dengan dolan yang ganteng ini. Kali ini kita akan bercerita lebih detail tentang salah satu materi yang cukup bagus saat acara TOT kemarin.

Dalam TOT kemarin, sebenarnya cukup banyak sekali materi yang bagus sekali dan akan sayang kalau tidak disharing-kan di dolandolan.net namun apa daya karena keterbatasan ruang dan waktu (Ceilah kayak lagu aja). Kali ini dolan akan menulis sedikit deh tentang salah satu materinya yakni penyusunan GBPP.

Kenalan dulu dengan GBPP

GBPP adalah singkatan dari Garis Besar Program Pengajaran. Dan isinya adalah secara khusus dibuat untuk membuat sejenis kurikulum atau garis besar pelatihan atau materi yang harus dikuasai seseorang untuk mendapatkan predikat kompetensi tertentu.

Misalkan, seseorang yang mau bekerja sebagai operator forklift tentunya harus kompeten dalam melakukan pengoprasian forklift. Dan untuk mendapatkan predikat kompeten tentunya bisa menjalankan saja tidaklah cukup. Operator tersebut harus benar-benar mengerti dan mampu menunjukan tiga aspek yang dapat membuatnnya disebut kompeten, aspek tersebut adalah Skill, Attitude dan Knowledge.

Buat Peta Kompetensi Terlebih Dahulu

Nah.. cara pertama dalam menyusun GBPP adalah seorang instruktur haruslah dapat membuat peta kompetensi dari keahlian yang harus dimiliki oleh seorang yang akan diuji. Peta kompetensi inilah yang nantinya akan menjadi acuan dalam pembuatan GBPP. Dari sini barulah dibuat lebih detail tentang Kriteria Unjuk kerja yang harus muncul dalam GBPP

SKA terpadu dalam GBPP

Eit jangan salah, ska yang dimaksud disini bukan SKA aliran music ala Tipe-Ex tapi artinya yaitu tadi Skill, Knowledge dan Attitude. yang artinya seseorang baru dapat dikatakan kompeten kalau sudah memiliki kemampuan mengoprasikan, perilaku sebagai orang kompten atau ahli dan juga pengetahuan dalam bidang tersebut. Nah itu semua harus terumuskan dalam GBPP.
Inilah cara penyusunan GBPP di acara KEMENPU
Suasana Saat Belajar Cara Penyusunan GBPP di TOT KemenPU



Dari GBPP menuju ke SAP

Oh iya apa sih bedanya GBPP dan SAP?
Asli deh tadinya dolan ga tau nih apa bedanya antara itu berdua, tapi asli setelah dolan belajar lebih banyak ternyata SAP itu adalah penjabaran lebih rinci tentang materi kompetensi khusus yang ada di GBPP. Istilahnya untuk dapat membuatnya dapat diterapkan dilapangan, gitu bro.


Haduh Masih ga mudeng nih mas Bro

Nah.. masih ga mudeng ya.. Yo memang sama dong sama dolan. Hehe
Tapi tenang aja deh, kalau sobat mau tau lebih banyak sobat dolan saranin untuk ikutan TOT nih di KemenPU. Caranya?? Ya itu sobat bisa menghubungi KemenPU dan menelepon bagian pelatihan. Syukur-syukur masih dapat jatah :).

Nih Bonus Draft GBPP dolan

Nah buat rekan-rekan yang penasaran dengan GBPP dan mau belajar lebih banyak. Berikut ini adalah contoh draft GBPP punya dolan. Yang pastinya sobat bisa download disini



Cara Penyusuan GBPP By Bang Dolan Cara Penyusuan GBPP  By Bang Dolan Reviewed by Anggi Nurbana on 22.59 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.