Micro Teaching : Ajang Ujian Instruktur di TOT

Ujian Instruktur di TOT Lewat Micro Teaching

anda bisa mengikuti tot di kemenpu dan microteaching
Mister Dolan Sebelum Micro Teaching

Hai Sobat sekalian, masih bersama dengan mister dolan yang setia menemani sobat-sobat semua. Kali ini dolan akan bercerita tentang pengalaman ketika TOT. Tepatnya ketika detik-detik terakhir acara TOT yang merupaka ujian untuk kami semua para Instruktur ganteng hehe..


Gambaran Rangkaian Akhir

Kalau sebelumnya di TOT kita akan belajar tentang metode pelatihan, teknik bertanya dan lainnya. Plus kita belajar juga cara-cara penyusunan peta kompetensi, GBPP dan juga SAP. Maka di Micro Teaching ini adalah sebuah gambaran untuk rangkaian akhir dari semua itu. Dan disinilah ujian sebenarnya.

Kita semua sudah biasa jadi Instruktur Tapi Kok...

Acara TOT ini sesuai dengan namanya adalah acara untuk melatih para instruktur atau trainer untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ketika melatih. Dan juga dimaksudkan agar si instruktur nanti dapat membuat suatu pedoman yang valid serta reliable ketika mengajar. Sehingga pelatihan yang dilakukannya nanti tidak akan ngalor ngidul ga jelas kesana kemari.

Dan aslinya hampir semua peserta yang ada disini adalah seorang instruktur atau trainer di tempat kerjanya. Ada yang merupakan trainer alat berat seperti pak Gani dari Trakindo, ada yang merupakan trainer bidang perbank-kan seperti pak Supriadi dari Bank Pundi dan pokoknya macem-macem deh...

Tapi walau begitu, setelah kita mengikuti TOT di KemenPU ini, ternyata ada perasaan bahwa selama ini metode dan cara pengajaran yang telah kita lakukan saat mengisi pelatihan masih banyak sekali kekurangan. Dan untuk itulah kita harus mengikuti TOT.

Mempresentasikan Hasil SAP kita

Untuk lebih jelasnya tentang artikel terkait ini sebenarnya sudah dolan bahas di artikel tentang cara penyusunan GBPP dan Pengalaman TOT. Nah oleh karena itu, kali ini dolan akan langsung cerita tentang proses Micro Teaching saja ya :)

Di Micro teaching ini, para instruktur yang menjadi peserta TOT akan diminta untuk mempresentasikan SAP yang telah dibuat dalam waktu yang cukup singkat yakni 20 menit saja. Dan dalam waktu tersebut sang instruktur harus mampu menampilkan gambaran yang jelas tentang seluruh isi dari SAP yang dibuatnya. 

Ditambah lagi, sang instruktur juga harus mampu menghidupkan kelas, dan membuat para peserta paham akan materi yang diberikannya setidaknya ketika dia mengisi. Seluruh aspek tersebut akan dinilai dalam suatu lembar observasi yang dipegang oleh tiga orang.


Jangan Remehkan Micro Teaching

Micro Teaching di TOT ini benar-benar dapat menggambarkan bagaimana seorang instruktur harus bisa mengoptimalkan waktu yang sangat singkat namun juga dapat memberikan penjelasan tentang seluruh aspek yang ada di SAP yang dia buat.

Dan hal ini tentunya tidak boleh dipandang remeh. Sebab untuk dapat selalu didalam konteks plus juga harus selalu mengetahui waktu adalah suatu hal yang tidak mudah. Hal ini terbukti dari beberapa teman-teman yang ternyata waktunya terlewat akibat terlalu asyik mengisi materi. Artinya kamu tidak bisa meremehkan Micro Teaching.


Tata Cara Micro Teaching

Sebelum micro teaching berlangsung, sang instruktur harus sudah siap dengan materi yang dibawakan. Materi tersebut harus sudah dipersiapkan dalam bentuk power point yang diramu dari resep SAP yang dibuatnya sebelumnya. Dan SAP tersebut haruslah bersumber dari GBPP yang sebelumnya dibuat. Dan GBPP tersebut juga harus bersumber dari Peta Kompetensi yang dibuat. Nah Lho Nyambung semua ;p

Instruktur yang akan tampil diberikan waktu 20 menit untuk menyajikan materinya dengan menarik. Selama instruktur mengisi, dia akan diamati oleh 3 orang pengamat yang masing-masing akan menilai kesesuaian antara materi dengan cara penyajian yang tertuang dalam lembar observasi.

Setelah proses penyajian materi selesai, instruktur pengisi akan dikomentari tentang sisi positif dan negatif dari presentasi yang dia berikan. Sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi instruktur yang lebih baik.

Isi Lembaran Observasi

Bang Dolan di acara Kementrian
Ngumpul Persiapan Micro Teaching Besok

Nah yang paling ajib nih adalah, Si Instruktur harus dapat memenuhi semua kriteria muncul dalam lembar observasi. Yang mana sangat sulit lit lit.. Beneran bro.. ada aja pasti yang terlewat.
Dalam lembar tersebut setidaknya kita harus melewati 3 bagian utama yakni pendahulian, penyajian dan penutupan yang mana tiap bagian tersebut memiliki spesifikasinya tersendiri.

Namun begitu, sebenarnya kita semua pasti bisa deh, dolan yakin itu. Sebab kita kita nanti akan terbang (mengisi) dengan mengacu pada spesifikasi tersebut, yang tentunya memang benar penting.

Wah.. Penasaran kan tentang apaan sih microteaching itu dan gimana rasanya?
Nah buat yang penasaran, kamu sebaiknya ikutan aja deh TOT supaya bisa merasakannya. Plus bisa menjadi seorang trainer yang jauh lebih baik lagi..

Sekian info artikel tentang micro teaching dari dolandolan.net 

Salam Ganteng


Bang Dolan
Micro Teaching : Ajang Ujian Instruktur di TOT Micro Teaching : Ajang Ujian Instruktur di TOT Reviewed by Anggi Nurbana on 22.59 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.