Pengalaman Di TOT KemenPU 2016

TOT 2016 Dahsyat

Training of trainer dari kemenpu
Dolan bersama kawan-kawan di TOT 2016

Hallo apa kabar sobat sekalian, sudah lama sekali tidak berjumpa dalam tulisan-tulisan konyol tentang perjalanan ndolan dari satu tempat ke tempat lainnya. Dan kali ini merupakan salah satu pengalaman yang cukup menarik, bahkan mungkin sangat menarik :).

Pengalaman ini adalah tentang suatu acara yang mantap banget bernama TOT alias Training of Trainer.


Apaan sih TOT itu?

Untuk teman-teman yang bergerak didunia pelatihan, tentunya tidak asing lagi dengan istilah TOT ini atau training of trainer. Namun begitu saya yakin diantara sobat dolan sekalian ada yang mungkin baru pertama kali mendengar tentang TOT ini. Jadi mari perkenankanlah bang dolan ini untuk menceritakan sedikit tentang apa itu TOT.

TOT adalah singkatan dari Training of Trainer. Sesuai dengan istilahnya training ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada para instruktur untuk dapat memberikan trainingnya dengan sistematis dan terarah. Diharapkan seluruh lulusan dari training ini akan dapat membuat SAP, GBPP bahkan bisa membantu merumuskan SKKNI untuk negara. Wuihh.. Hebat bukan (Psstt yang ga tau tentang SAP atau GBPP bisa deh tanya nanti).


Ajib banget dah Training di Hotel

Hehe.. ini nih bagian yang paling ajib, kalau biasanya kita hanya melakukan training di suatu perusahaan atau lembaga. Training TOT kali ini berlangsung di salah satu hotel terbaik di Jakarta. Tepatnya di Swisbel Hotel yang terletak di daerah Sawah Besar - Jakarta Pusat.

Training of Trainer yang dolan ikuti kali ini berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 27 februari 2016 di lantai Lounge Swisbel hotel. Dan masih banyak lagi deh yang seru.. yuk lanjut dibawah.

Peserta TOT dari Sebrang sampai yang tinggal nyebrang jalan
Mantap banget nih TOT kali ini pesertanya berasal dari banyak tempat lho. Ada yang dari Pontianak (Pak Abdul Karim), ada yang dari Batu Licin (Pak Kaswinto) dan ada juga yang dari Sulawesi (Pak Nataniel), pokoknya ramai deh.. dan semua sangat friendly. 

Kalau ditotal-total acara TOT 2016 ini perkiraan dihadiri oleh sekitar 18 orang peserta, dari beberapa pulau dan yang terdekat sih dolan sendiri yang dari pasar minggu hehe :)

Materi Bagus dengan Instruktur Berpengalaman

Mr. Lilik Saat menjadi instruktur di TOT 2016

Jujur saja, awalnya dolan mau mengikuti training ini karena tadinya mau mengambil sertifikasinya saja. Lumayan deh buat nambah portfolio dan CV karena yang mengadakannya adalah Kementrian Pekerjaan Umum. Namun setelah mengikuti beberapa hari, pandangan dolan pada acara ini berubah drastis.

Acara TOT ini memang di desain secara khusus untuk menciptakan para instruktur yang kompeten di bidang training. Selain itu membuat para instruktur lebih memahami bagaimana cara mengajari orang dewasa dan juga membuat beberapa dokumen yang pastinya akan diperlukan, baik secara formalitas maupun ketika praktek dilapangan.

Materi-materi yang disajikan pun memang dirancang untuk mengisi para instruktur. Dari beberapa materi TOT 2016 yang disajikan ini sobat akan menemukan adanya metode pelatihan, metode pelatihan, metode pertanyaan,studi kasus dan proses penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional alias SKKNI. Intinya materinya top banget deh.

Selain dari materinya yang komprehensif, TOT yang dolan ikuti ini juga diisi oleh instruktur berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi. Yah bagaimana tidak, instruktur yang ditugaskan disini adalah orang-orang yang sudah biasa melatih para pelatih (hayo lhooo). Salah satunya adalah Pak Lilik Sumarliadi, walau sudah berusia diatas 60 tahun namun beliau tetap dengan gagahnya dan semangat mengisi acara ini lho.. dan jangan salah acara ini dibawakan oleh beliau dengan sangat fun banget.


Intinya adalah TOT 2016 Mantep Banget

Yah intinya adalah acara training of trainer yang diadakan oleh KemenPU ini TOP abis deh, ga akan nyesel buat para pesertanya. Sebab selain mendapatkan materi yang benar-benar bermanfaat, kita juga akan dapat saling mengenal dengan instruktur lain dari seluruh indonesia. Pokoknya Fun Abis..

Penasaran kan TOT seperti apa?

Nah buat yang penasaran dan pengen ikutan TOT di KEMENPU hmm... syaratnya cukup mudah. Minimal sudah memiliki pengalaman melatih atau mengajar dan juga mendapatkan surat pengantar dari perusahaan. Kamu bisa deh coba kontak bagian pelatihan di Kemenpu.

Wah ga terasa sudah panjang juga nih bahasan, sekarang waktunya kita membuat desain WTP lagi :)

Salam hangat,

Dolan ganteng

Pengalaman Di TOT KemenPU 2016 Pengalaman Di TOT KemenPU 2016 Reviewed by Anggi Nurbana on 22.59 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.