9 Ciri-Ciri Bayi Cerdas Diatas Rata-Rata

9 Ciri Bayi Cerdas Diatas Rata-rata

Anak yang cerdas akan mampu membaca lebih cepat

Setiap orang tua, tentu percaya bahwa anak mereka begitu spesial dan pintar. Tapi tentu sebagai orang tua kita penasaran, sejauh apa sih kecerdasan anak kita? Apakah mereka benar-benar unggul jauh diatas rata-rata bayi lainnya?

Memang cukup sulit untuk menemukan tanda-tanda kecerdasan pada bayi sebab dalam pengamatannya juga cukup sulit. Namun jika kita sebagai orang tua melihat lebih detail, sebenarnya kita dapat menemukan tanda-tanda tersebut dengan mudah.

Tiga Faktor Utama Kecerdasan Bayi
Setidaknya ada tiga faktor utama yang dapat menunjang kecerdasan bayi agar tumbuh diatas rata-rata. Yang pertama adalah genetika yang didapat dari orang tuanya, lalu gizi yang diasup oleh bayi tersebut dan ketiga adalah lingkungan sekitar bayi.

Ketiga hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan sang bayi, dan pada postingan kali ini kita akan membicarakan ciri-ciri dari bayi cerdas diatas rata-rata. Penasaran, yuk kita simak sama-sama :

9 Ciri Kecerdasan Bayi diatas rata-rata

1. Berkembang Lebih Cepat
Bayi yang memiliki kelebihan, biasanya akan berkembang lebih cepat. Bisa jadi berjalan lebih cepat dari bayi seusianya ataupun berbicara lebih lancar dari bayi seusianya.

2. Pengenalan Bahasa Lebih Cepat
Ciri kedua dari bayi yang cerdas adalah mereka mampu mempelajari pola bahasa lebih cepat. Bayi yang cerdas akan mengenali bahasa-bahasa Anda dan mengulangnya. Dan pada usia 14 bulan bahkan sudah bisa berkomunikasi secara lisan dengan Anda.

3. Pandai Mengingat
Ciri ketiga dari bayi yang cerdas, adalah bayi tersebut dapat mengingat. Dia dapat mengingat dengan jelas dimana menyimpan mainan, dan juga bahkan mengingat dimana ibu memasak dan bahkan penyimpanan barang-barang rumah yang biasa terlihat olehnya.

4. Memecahkan masalah
Ciri selanjutnya dari bayi yang cerdas adalah bayi sudah dapat memecahkan masalah sejak awal. Salah satunya bayi sudah dapat menyusun mainan puzzle untuk anak diatas umur bayi tersebut.

5. Mampu Fokus Lebih Lama
Bayi pada umumnya hanya bisa berfokus dalam waktu yang pendek, Bayi yang cerdas sangat berbeda. Misalkan Anda membacakan suatu cerita maka bayi tersebut akan mampu bertanya akan suatu masalah di cerita tersebut dan akan tetap mendengarkan hingga selesai.

6. Bisa berhitung dan Menggambar dengan baik
Jika bayi Anda memiliki salah satu ciri diatas, maka selamat bayi Anda kemungkinan besar adalah bayi yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

7. Mampu Memahami Emosi
Seorang bayi yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata akan mampu memahami emosi dan memiliki empati pada orang disekitarnya. Dia akan mengerti bahwa Anda lelah ataupun sedang sakit tanpa Anda perlu berkata-kata.

8. Mampu Beraksi Sesuai situasi
Coba katakan Bahwa ayah pulang, jika Anak tadi bersiap membuka pintu. Maka Anak Anda kemungkinan besar memiliki bakat menjadi anak cerdas, karena mampu beraksi sesuai situasi tanpa menunggu perintah.

9. Penasaran dengan Apa, Mengapa dan Bagaimana
Ciri terakhir dari bayi yang cerdas adalah bayi tersebut akan terlihat sangat penasaran dengan apa yang dia senangi. Dia akan mulai mencari apa mengapa dan bagaimana. Salah satu cirinya adalah jika dia bermain maka dia akan mengamati mekanika mainan dan bagaimana mainan tersebut bisa bergerak.

Sekian artikel dari dolandolan.net kali ini, umi berharap 9 Ciri tadi mudah-mudahan ada di bayi yang Anda miliki :)

Salam hangat


Umi Basil

Lihat juga :
Tips Agar anak bisa cepat berjalan
Permainan untuk membantu Anak berjalan
Daftar tahap perkembangan bayi hingga berjalan
9 Ciri-Ciri Bayi Cerdas Diatas Rata-Rata 9 Ciri-Ciri Bayi Cerdas Diatas Rata-Rata Reviewed by Umi Basil on 08.04 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.