Ini Tahapan Bayi Hingga Bisa Berjalan

Ini dia Tahapan Tahapan Hingga Bayi Bisa Berjalan

Selalu semangati bayi agar bisa melewati tahapan berjalan yang benar

Memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan semua ibu, termasuk umi sendiri. 
Umi sangat senang ketika pertama kali memiliki putra yang bernama Abdullah Basil ini, salah satu momen yang membuat umi selalu terngiang ngiang adalah dikala si abang ini berupaya berjalan.


Gemes banget, kapan sih Si Abang Bisa Jalan?

Sebagai orang tua yang baru punya anak satu, waktu itu umi gemes banget sampe kalau ke bidan sering nanya-nanya tentang kapan sih si Abang ini bisa segera berjalan? Dan Alhamdulillah bidan tidak bosan-bosan memberikan umi pengertian dan juga menjeleaskan tahapan demi tahapan hingga si abang ini bisa berjalan layaknya anak lainnya. 

Nah mungkin diantara umi sekalian ada yang penasaran tentang tahapan tahapan ini. Maka dari itu yuk langsung aja kita bahas bersama  :

1. Tahapan Tengkurap dan berguling
Pada usia 3- 6 bulan, biasaya bayi akan mulai belajar tengkurap dan berguling-guling. Pada tahapan ini sebaiknya bunda memberikan perhatian khusus sebab kadang si dede nanti berguling-guling hingga jauh. Berikan pujian pada sang bayi dan jangan lupa memberikan penjagaan ketika si bayi tidur agar tidurnya tidak jatuh ke lantai, kasian kan kalau si dede sampai jatuh nanti bisa sakit panas lho.

2. Tahapan Duduk
Biasanya pada usia 4 bulan (Normalnya paling cepat) hingga usia 7 bulan, bayi sudah bisa duduk. Bantulah dan berikan semangat pada bayi agar dia senang duduk, berikan mainan yang bisa dia mainkan ketika duduk dan juga taruhlah bayi diarea yang empuk agar ketika jatuh tidak ngebeledag dan kesakitan. Jangan lupa untuk memujinya agar tambah semangat.

3. Tahapan merangkak
Pada usia 6-10 bulan, biasanya bayi sudah mulai belajar merangkak. Untuk itu pada usia ini bunda harus menghindarkan segala jenis barang yang dapat melukai bayi seperti peralatan gelas dan sebagainya. Selain itu, hindarkan juga segala macam benda kecil yang sekiranya dapat dimakan secara tidak sengaja oleh bayi. Ingat, respon pertama yang dilakukan bayi adalah memakan benda kecil yang dapat dia raih, so segera singkirkan benda disekitar bayi merangkak.

4. Berpegangan untuk Berdiri
Pada tahapan berjalan nomor empat ini, akan dilalui oleh bayi yang kira-kira usianya sudah memasuki umur 8 hingga 12 bulan. Bayi akan mencari benda yang dapat membantunya untuk berdiri dan berusaha menggapai apapun. Termasuk Bunda, dan orang-orang disekitarnya. 
Untuk itu singkirkan segala benda dari meja ataupun yang bisa dia gapai, sebagai bahan share ada teman umi yang bayinya secara tidak sengaja menggapai gunting diatas meja dan akhirnya terluka. Makanya pada tahapan ini, bunda harus lebih concern lagi.

5. Berjalan Dengan Dituntun
Memasuki tahapan ini, bayi akan senang berjalan dengan dituntun. Walau jalannya belum seimbang dan acap kali terjatuh, para bayi akhirnya akan bisa berjalan setelah melalui fase ini. Beberapa alat yang dapat dipilih adalah Baby walker roda dan baby walker puppet. Oh iya tahapan berjalan pada bayi yang satu ini biasanya dicapai pada 12 hingga 16 bulan.

6. Bisa Jalan Sendiri
Inilah tahapan yang kita tunggu, usia 15 bulan keatas biasanya bayi sudah mulai jalan sendiri. Dukungan orang tua pada saat tahapan ini sangat penting dalam rangka mendorong motiviasi si bayi agar bisa berjalan terus walaupun acap kali terjatuh. 
Pada tahapan ini, orang tua harus mengawasi kemana si anak berjalan. Tutup pintu keluar rumah agar si anak tidak bermain ke jalan, jika tidak ada yang mengawasi. Berikan sekat pada pintu kamar dan selalu hindarkan bayi dari dapur.

Nah sahabat umi sekalian. tadi adalah 6 tahapan bayi dari awal hingga bisa berjalan. Untuk bayi yang sudah memasuki waktunya berjalan namun belum juga bisa lancar, bunda jangan takut. Tetaplah positif dan semangati sang anak, Insya ALLAH nanti juga bisa.


Ayo bun, pasti bisa kok :)

penulis : Umi Basil
Ini Tahapan Bayi Hingga Bisa Berjalan Ini Tahapan Bayi Hingga Bisa Berjalan Reviewed by Umi Basil on 16.04 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.